×
Untitled-1

Apasih Yang Dimaksud Dengan Bayi Tabung ?



Fertilisasi in Vitro atau program bayi tabung merupakan salah satu pilihan alternatif bagi mereka yang kesulitan memiliki anak. Program ini merupakan sebuah program dokter untuk membantu calon ibu yang ingin hamil dan memiliki seorang anak. 

Inul Daratista, merupakan salah satu artis Indonesia yang berhasil  menjalankan proses hamil ini. 

dr Aryando Pradana SpOG dari Morula IVF Jakarta, mengatakan bayi tabung merupakan proses membantu terjadinya pertemuan antara sel telur dan sperma. 

Dalam proses kehamilan alami. Inseminasi sperma akan masuk ke dalam rahim dan bertemu dengan sel telur, terjadilah pembuahan yang akan berkembang menjadi embrio dan kemudian berjalan ke daerah rahim. 

Proses bayi tabung merupakan proses membantu mempertemukan sel sperma dan sel telur di luar tubuh. Kemudian saat sel ini sudah berkembang menjadi embrio akan dimasukkan ke dalam rahim ibu. Jelas dr Aryando Pranada. 

Dokter Aryando menambahkan, pasangan yang datang ke kliniknya untuk berkonsultasi bervariasi. Dari mereka yang baru menikah 2 bulan, bahkan sampai yang sudah menikah 12 tahun namun belum mendapatkan anak. 

Untuk memulai program bayi tabung, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan baik calon ayah maupun calon ibu. 

Pertama yang diperiksa yaitu kualitas sperma dari suami. Yang kedua pemeriksaan fungsi organ reproduksi si Ibu. Mulai dari cadangan sel telurnya, saluran telur dan rahim. 

Tim medis akan mencari tahu apakah ada Miom, Kista, ataupun masalah lain yang sebabkan penyumbatan di saluran telur. Semua masalah inilah yang menyebabkan gagalnya pertemuan antara sel sperma dan sel telur. 

Setelah dilakukannya semua pemeriksaan ini barulah tim dokter akan menyarankan apa program yang cocok untuk mereka. 

Apakah program bayi tabung ini akan berhasil?

Dokter Aryando mengatakan keberhasilannya tergantung dari masing masing embrio. Jika pasangan memiliki embrio yang baik, maka tingkat berhasilnya bisa mencapai 40-50%. 

Jadi secara umum misalnya 10 orang yang melakukan program ini  kemungkinan ada empat sampai lima orang yang berhasil jika embrionya bagus. 

Biaya untuk menjalani program ini di Morula IVF Jakarta sekitar Rp 50-60 juta jika ada promosi. Biaya normalnya jika tidak ada promosi sekitar Rp 60-70juta. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.