×
Untitled-1

Hati-Hati 7 Makanan Ini Dapat Mengurangi Tingkat Kesuburan Wanita, Yang Mempersulit Kehamilan



Kebahagiaan melahirkan dan mempunyai anak menjadi sesuatu yang semua perempuan impikan dalam kehidupannya. Walaupun hamil adalah proses yang alami, namun ada sejumlah kecil wanita yang mengalami kesulitan karena bermasalah dengan fertilisasi. 

Infertilisasi sudah menjadi masalah umum saat ini untuk kalangan perempuan. Hal ini adalah kondisi dimana sel telur yang dikeluarkan dari ovarium mungkin tidak menuju ke tuba falopii. Kondisi inilah yang menyebabkan ovarium sulit untuk dibuahi. 

Terkadang sel telur dalam kondisi yang kurang sehat untuk mempertahankan kesuburannya. 

Atau terkadang juga saluran tuba tidak mempunyai lendir yang cukup untuk sel telur agar dapat bergerak bebas. Semua kondisi ini dapat menyebabkan seorang perempuan mengalami kesulitan untuk hamil. 

Ada banyak faktor yang dapat memicu ketidak suburan kandungan seorang wanita. Hal ini termasuk gaya hidup yang kurang baik dan penuh dengan tekanan karena penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang lama. 

Namun untuk awalnya, sebaiknya aturlah pola makanmu menjadi lebih baik. 

Tidak banyak wanita yang mengetahui pentingnya diet sehat sebagai bagian dari upaya untuk hamil. Pola makan yang sehat dan baik akan menjaga kesehatan produktif. 

Untuk menjaga kesehatan kandungan kalian, ada beberapa makanan yang perlu anda hindari, karena makanan makanan ini dapat mengurangi dan menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita. 

1.Makanan Olahan

Jenis makanan yang satu ini tidak hanya buruk untuk kesehatan, namun juga dapat menghancurkan seluruh tubuhmu. 

Makanan olahan mengandung MSG trans lemak dan fruktosa yang tinggi. Racun-racun ini jika sudah ada didalam tubuh, akan sangat sulit dihilangkan. Makanan ini juga akan menjadi faktor naiknya berat badan yang mempersulit wanita untuk hamil. 

2. Kafein

Wanita yang minum kopi lebih dari 3 cangkir sehari mempunyai peluang hamil berkurang sebesar 50%. Hal ini dikarenakan terlalu banyak kafein dalam tubuh akan mengurangi efisiensi kalsium yang diserap oleh tubuh. Akibat dari kekurangan kalsium akan mengurangi kesempatan seorang perempuan untuk hamil. 

3. Gula

Terlalu banyak gula dalam makanan akan menyebabkan hormom reproduksi menjadi sulit berfungsi. Hormon-hormon inilah yang bertanggung jawab dalam melepaskan sel telur menuju saluran tuba agar dapat dibuahi oleh sel sperma yang sehat. 

4. Cokelat

Ini menjadi kabar yang buruk untuk para wanita yang suka dengan cokelat. Sepertinya kalian harus mengurangi rasa cintamu terhadap cokelat. Alasan ini karena kandungan kafein dan gula di dalamnya tinggi. 

Namun ada juga cokelat hitam berkualitas tanpa ditambahkan pemanis. Namun harus dijaga juga mengkonsumsinya jangan secara berlebihan. 

5. Produk Kedelai

Terlalu banyak protein dalam kedelai dapat menyebabkan ketidaksuburan kandungan. 

Didalam kacang kedelai mengandung estrogen, fitoestrogen, yaitu hormon anti-kehamilan. Jika estrogen didalam tubuhmu terlalu banyak akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon lain, yang dapat menunda pelepasan sel telur untuk pembuahan. 

6. Ikan dengan Merkuri Tinggi

Ikan seperti Makerel, ikan pedang, hiu mempunyai kadar merkuri yang tinggi. 

Zat merkuri jika masuk ke dalam tubuh akan sulit hilang. Zat ini dapat membahayakan sistem saraf pada bayi yang sedang berkembang. 

Merkuri mempunyai kecenderungan untuk disimpan di dalam tubuh. Dan akan meningkatkan jumlah kelahiran cacat. 

7. Alkohol dan Rokok 

Alkohol sangat berdampak negatif untuk kesehatan reproduksi wanita. 

Hal ini akan menciptakan ketidakseimbangan hormon didalam tubuh. Yang dapat mengakibatkan kenaikan berat badan dan merusak organ hati dan juga organ reproduksi yang semuanya berfungsi dalam infertilisasi. 

Sama halnya dengan alkohol, rokok juga dapat mengurangi kesehatan sel telur.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.